Senin, 15 April 2013

Hah, Kertas LJUN Tidak Berkualitas? Berikut Tipsnya

Wah ada berita yang bikin gak tenang bagi yang mau/lagi UN nih. Berita ini tentang kertas Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) atau Lembar Jawaban Komputer (LJK) tahun ini yang tidak berkualitas. Loh, tidak berkualitas gimana sih? Langsung aja deh coba baca beritanya.
 
Kertas LJUN Kuningan News - Hari pertama digelarnya Ujian Nasional (UN) diwarnai berbagai masalah. Diantaranya, buruknya kualitas kertas Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang dikeluhkan para pengawas dan siswa.
Salah seorang pengawas UN di SMK Model Patriot Ciawigebang Cucu Supriadin MPdI kepada Kuningan News, Senin (15/4/2013) menuturkan, kualitas kertas UN tahun ini dinilainya sangat dibawah standar. Sebab, kertas LJUN tersebut sangat tipis, mudah robek dan bulatan hitam dari pensil 2B pada kertas soal gampang terhapus.
“Banyak siswa yang mengeluh kepada saya mengenai kualitas kertas LJUN karena khawatir tidak terbaca komputer saat diperiksa nanti,” ungkap guru SMKN Luragung itu menjelaskan.
Meski demikian sambung Cucu, dirinya tidak bisa memberikan solusi kepada para siswa yang merasa khawatir itu. Namun hanya bisa menghimbau kepada para siswa agar lebih hati-hati saat mengerjakan soal agar tidak rusak atau robek.
“Bukan hanya masalah tipisnya LJUN, masalah lain seperti lembar berita acara yang disatukan menjadi satu paket bersama soal, menjadi masalah yang mewarnai UN tahun ini,” pungkasnya.

Sumber 

Nah udah baca beritanya kan? Dari berita di atas diketahui bahwa kertas LJUN / LJK tahun ini mudah sekali rusak atau sobek. Bulatan hitam pensil juga mudah terhapus. Untuk menghindari kertas LJUN / LJK rusak atau sobek, saya mempunyai sedikit tips nih. Berikut tips dari saya :
- Jangan bulatkan terlebih dahulu jawaban pada LJUN / LJK jika kamu belum yakin dengan jawaban kamu;
- Lebih baik setelah identitas diri pada LJUN / LJK terisi semua, LJUN / LJK disimpan di tempat yang aman (kolong meja ataupun pojok meja, sekiranya tidak akan mengganggu). Lalu kamu kerjakan saja dahulu soal UN dan untuk jawaban, beri tanda titik pada soal ataupun LJUN / LJK di opsi yang benar;
- Bapak saya (dia guru SMA) menyarankan kepada saya (saya juga mau UN bro) untuk menghitamkan opsi jawaban yang kamu pilih dari garis lingkaran ke dalam (dari luar ke dalam). Entah apa maksudnya, tapi setelah saya coba tadi saat Try Out di sekolah, ternyata hasilnya lebih rapi (walaupun tergantung pribadi masing-masing).

Demikian tips dari saya, semoga dapat bermanfaat.

Bagi yang sedang ataupun akan UN (termasuk saya), mari kita berusaha keras untuk LULUS UN dengan nilai memuaskan! Jika kamu benci dengan soal UN, benci dengan si pembuat soal UN, mari kita kalahkan soal UN dan para pembuat soal UN itu! Tunjukan pada mereka, BAHWA 30 PAKET UN TIDAK AKAN MENGHENTIKAN PERJUANGAN KITA UNTUK MENGGAPAI CITA-CITA! SEMANGAT! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda..
Komentar Tidak Langsung Terbit Karena Akan Dimoderasi Terlebih Dahulu..